Senin, 05 Maret 2012

Printing Variable


Ada beberapa variable yang terlibat dalam suatu proses cetak offset. Variable ini sangat penting untuk belangsungnya proses cetak mencetak. Apa saja variable itu ?
1.       Graphic Repro
Yang dimaksud graphic repro disini adalah variable yang berhubungan dengan design graphis mulai dari proses design hingga keluar image yang akan ditransferkan ke media plate. Untuk model konvensional, image ini akan keluar dalam wujud film repro. Namun seiring perkembangan jaman yang menuntut kecepatan dan efisiensi, sekarang ini kita mengenal yang namanya CTP atau Computer To Plate.
2.       Plate
Plate merupakan media yang menyampaikan image ke sebuah blanket dalam mesin cetak. Yang umum dipakai adalah alumunium plate, karena bahan ini yang terbukti paling baik. Plate dipasaran sangat beragam, namun yang harus dijadikan pertimbangan dalam memilih plate adalah kekuatan rasternya. Saat ini dipasaran kita bisa menemui plate untuk kebutuhan long term ( cetak dalam jumlah banyak ) ataupun plate untuk short term ( plate ini harganya lebih murah, namun ketahanan rasternya tidak baik )
3.       Paper
Variable berikutnya adalah paper atau kertas. Kualitas kertas sangat mempengaruhi sebuah proses cetak. Ketebalan, kelembaban, coating permukaan, semuanya perlu dipertimbangkan sebelum proses cetak.
4.       Ink
Tinta adalah variable pokok dalam mencetak. Karakteristik tinta juga sangat mempengaruhi jalannya proses cetak. Dalam memilih suatu tinta kita harus mempertimbangkan pigmen warnanya, keenceran atau kekentalannya, waktu pengeringannya, dan ketahanan warna setelah proses cetak.
5.       Human Resources
Faktor manusia merupakan variable yang utama karena tanpa manusia tidak mungkin suatu proses cetak akan berjalan. Ketrampilan, pengalaman, mental dan kebiasaan seorang operator cetak akan sangat mempengaruhi jalannya proses cetak.
6.       Printing Machine
Didalam printing process yang memegang peranan besar adalah sebuah mesin cetak. Kecepatan, kualitas cetak sangat bergantung pada mesin cetak yang digunakan. Perkembangan mesin cetak tidak ada habisnya untuk meningkatkan efisiensi sebuah proses cetak.
7.       Water
Terkadang variable ini dilupakan, namun air sangat besar pengaruhnya dalam sebuah proses cetak. Air merupakan media yang berfungsi membasahi bagian non images dalam sebuah mesin cetak. Kadar PH air harus benar-benar diukur untuk menghasilkan cetakan yang bersih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...