Selasa, 13 Maret 2012

Packaging Contributions


Dalam sebuah industri, packaging suatu produk memegang peranan yang penting. Packaging merupakan pembungkus suatu produk yang akan dijual/ didistribusikan. 

Berikut ini saya coba menjabarkan beberapa kontribusi suatu packaging.
1.       Added Value
Packaging akan memberi nilai tambah suatu produk. Orang akan cenderung memilih produk dengan melihat bungkusnya terlebih dahulu. Penampilan bungkus yang menarik akan memberi nilai jual yang tinggi suatu produk.

Dibandingkan dengan yang diatas, kemasan teh yang ini mempunyai nilai lebih.
 
2.       Product Identity
Kita bisa mengenali suatu produk biasanya dari packagingnya.  Suatu produk akan dikenal melalui tampilan packagingnya.
3.       Brand Image
Suatu packaging yang menarik akan memberi suatu brand image sendiri.
Contohnya mobil Ferrari yang sangat kental dengan warna merahnya. Atau rokok Marlboro dengan warna packaging merah dan putih.

Ferrari yang sangat identik dengan warna merah

Rokok marlboro dengan desain yang sangat dikenal

4.       Protection during Shipping
Packaging harus memberikan proteksi terhadap suatu produk yang dibungkusnya. Bahkan produk tertentu membutuhkan packaging yang tahan gores, tahan gesek dan tahan terhadap tingkat kelembaban tertentu.


5.       Sales Increament
Penampilan packaging yang bagus akan menarik minat orang untuk membeli, dan akan berdampak bagi peningkatan penjualan produk tersebut.


(tulisan disusun dari seminar Trend Offset Packaging Industry by DIC tgl 3 Maret 2012)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...