Dalam sebuah industri, packaging
suatu produk memegang peranan yang penting. Packaging merupakan pembungkus
suatu produk yang akan dijual/ didistribusikan.
Berikut ini saya coba menjabarkan
beberapa kontribusi suatu packaging.
1.
Added Value
Packaging akan memberi nilai tambah suatu produk. Orang
akan cenderung memilih produk dengan melihat bungkusnya terlebih dahulu.
Penampilan bungkus yang menarik akan memberi nilai jual yang tinggi suatu
produk.
![]() |
![]() |
Dibandingkan dengan yang diatas, kemasan teh yang ini mempunyai nilai lebih. |
2.
Product Identity
Kita bisa mengenali suatu produk biasanya dari
packagingnya. Suatu produk akan dikenal
melalui tampilan packagingnya.
3.
Brand Image
Suatu packaging yang menarik akan memberi suatu brand
image sendiri.
Contohnya mobil Ferrari yang sangat kental dengan
warna merahnya. Atau rokok Marlboro dengan warna packaging merah dan putih.
![]() |
Ferrari yang sangat identik dengan warna merah |
![]() |
Rokok marlboro dengan desain yang sangat dikenal |
4.
Protection during Shipping
Packaging harus memberikan proteksi terhadap suatu
produk yang dibungkusnya. Bahkan produk tertentu membutuhkan packaging yang
tahan gores, tahan gesek dan tahan terhadap tingkat kelembaban tertentu.
5.
Sales Increament
Penampilan packaging yang bagus akan menarik minat orang
untuk membeli, dan akan berdampak bagi peningkatan penjualan produk tersebut.
(tulisan disusun dari seminar Trend Offset Packaging Industry by DIC tgl 3 Maret 2012)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar